wah, simpang siur nih hehehe:
Intinya harus pilih kabel yang optimal, kalau cat 5e sudah bisa untuk sistem
gigabit,
ngak perlu buang-buang duit pakai cat 6 atau 7, kecuali ngak masalah dengan
duit dan efisiensi atau mau upgrade lain jadi 2000 Mbit/s di masa
mendatang :D.

Untuk yakinkan diri, baca manualnya aja, kabel apa yang disarankan, kalau
diharuskan pakai kabel utp cat 6, 7, ya ikuti saja.

Searching dari web, seharusnya cat 5e sudah oke buat gigabit LAN:
http://www.prompttechnology.com/products/nti/cat5e_1.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Category_5_cable

Salam