From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of [EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, May 16, 2006 10:21 AM
To: [EMAIL PROTECTED]; mailplus@yahoogroups.com;
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
ITCenter@yahoogroups.com; it-center@yahoogroups.com;
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Subject: [ITCENTER] SATA & ATA

morning guys,

mo nanya2 niy.. aku ad kendala saat mo menggunakan 2 HDD tp dari tipe yg
berbeda yaitu yg 1 SATA yg satu lagi ATA... yg skrg lg make HDD Seagate 7200
SATA (yg ini dijadikan primary, OS XP SP2) & yg lg HDD Quantum ATA
rencananya mo dijadiin secondary.
nah kendalanya ialah yg sata khan tidak menggunakan kabel IDE, dia masuk ke
slot SATA1 (dan jadi primary),
1. Yg quantum aku mo jadiin slave aku menggunakan IDE1 dan jumpernya di set
jadi slave. tapi koq yg jadi masalah saat saya set jumper menjadi slave koq
kg kedetect di device manager & tidak ad drivenya di explorer tp di bios
saya lihat kedetect sebagai slave dari IDE1.
2. saya rubah lg, saya set yg Quantum ATA menjadi Master, yg ini juga sama
saat di Bios kedetect sebagai master IDE1 tp pas booting eh malah ke yg
Quantum (OSnya 98) yah otomatis ga running soalnya ini harddisk kanibal
untuk dijadikan backup data. jadi kl asumsi saya kl yg ATA dijadikan primary
juga sepertinya tubrukan dengan yg SATA.
3. yg quantum dijadiin cable select juga sama, malah kg kedetect di bios dan
di device manager & explorer...

mohon pencerahan dunk guys, gimana caranya HDD yg ATA ini bisa dijadiin
slave, soalnya ad data2 penting yg mo diambil..

FYI,
Mobo: P5GPL-X
HDD1: Seagate 7200 80GB SATA (Primary OS XP SP2)
HDD2: Quantum 10 GB ATA

thanks yah..

salam dari jauh