Coba perhatikan dengan benar mas, copot jumper tidak selamanya menjadi master,
malah sebaliknya.
------

purwan to <[EMAIL PROTECTED]> wrote: saya mau tanya ama temen2 di ITCencer
  gini...  saya di kantor kan pakai komputer dan kebetulan saya memakai 2 HD...
  dan HD yg menjadi primary aku ganti ( baru) tp
  anehnya kok ga mau baca Hardisk yg kedua ya?
  padahal jumpernya dah saya copot tuh....
  masalah kabel data dan kabel power ok lho...
  tp yg HD lama aku pasang lagi mjd HD primary HD yg kedua tadi kebaca..
  trus aku ganti lagi dgn HD yg baru sbg primary HD yg kedua tadi ga kebaca
lagi?
  mungkin ada yg tahu? please donk?

  NB: HD yg lama aku ganti karena  cuma 5 GB, mauku aku ganti dgn yg baru dgn HD
         merk seagete 40 GB