From:   ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]  On Behalf Of bAKT
Sent:   Friday, May 26, 2006 11:54 AM
To:     ITCENTER@yahoogroups.com
Subject:        Re: [ITCENTER] Activitasi XP

Disini http://www.oprekpc.com/forum/viewtopic.php?t=667 ada bahsan
menarik tentang aktivasi win xp.
Mungkin anda nggak perlu capek2 menghubungi MS untuk aktivasi lagi.

Mungkin perlu reg dulu

Ini sayang ambil aja beberapa..

dalam hal2 tertentu windows seringkali menanyakan aktivasi setelah kita
menginstalnya dan kadang aktivasi tsb selain menganggu jg akan
menonaktifkan windows anda,disini akan kita bahas know how ttg aktivasi
windows server 2003 dimana proses aktivasinya paling sulit tp hal tsb
bisa dgn mudah diterapkan pada produk windows xp jg...

selain mempergunakan produk s*r*al (yg lbh dikenal sbg CD Key) windows
jg mengaktifkan WPA (windows product activation) informasi ttg hal tsb
bisa anda lihat di
www.microsoft.com/windowsserver2003/techinfo/overview/activation.mspx
<http://www.microsoft.com/windowsserver2003/techinfo/overview/activation.mspx>

Ketergantungan Activasi pada Hardware

pd proses instalasi selain memasukkan cd key utk bisa melakukan proses
instalasi mk dibutuhkan setelah proses tsb selesai akan terjadi
"Instalation ID" yg mana hal tsb amat tergantung pada:

1.display adapter
2.scsi adapter
3.IDE adapter
4.Network adapter MAC Address
5.RAM ammount range
6.Processor type
7.Processor s*r*al number
8.hard drive device
9.hard drive volume s*r*al number
10.CD-Rom/CD-RW/DVD-Rom

"instalation ID" bisa diberikan kepada setelah anda mengontak microsoft
by phone or melakukan kontak mll internet,selanjutnya anda akan diberi
code utk melakukan hal tsb,repot yah..?tetapi jika anda membeli sebuah
komputer/laptop yg sdh terinstal OS mk biasanya anda tidak memerlukan
proses aktivasi,lisensi ini dinamakan OEM,sistem operasi jenis ini
biasanya akan mengecek BIOS dan melewati proses aktivasi dan jika tidak
sesuai mk akan meminta proses aktivasi.jenis proteksi ini dikenal sbg
"System Locked Pre-installation"...

Hati-hati dalam menganti harware anda...

telah diceritakan bahwa penggantian harware akan mempengaruhi sistem
aktivasi dan instalation ID,waah susah ya jd ndak isa gonta-ganti
hardware donk...bukan begitu sih pd prakteknya,pergantian yg dianggap
"significan" akan mempengaruhi legalitas aktivasi tsb,so apa sih
"significannya"..? ternyata hal2 tsb akan bisa bener2 mengganggu proses
aktivasi apabila anda mengganti lbh dr 4 hardware sekaligus.

backup aktivasi ID

disini tidak akan dibahas bagaimana cara aktivasi tsb krn sudah
melanggar undang2 HAKI tp akan dibahas dgn jelas backup sistem aktvasi
pd saat system anda mengalami crash dan memerlukan instal ulang,sbb spt
kita ketahui dr awal aktivasi ini selalu diminta setelah kita menginstal
ulang sistem bukan...

file2 yg menyimpan sistem aktivasi,spt licensi,sejarah pembelian,jumlah
pengguna,dlsbnya ternyata disimpan di

1.\windows\system32\cpl.cfg
2.\windows\system32\Lls\Lluser.lls
3.\windows\system32\lls\llsmap.lls