Selamat pagi semua..
Semoga pagi ini semua lebih cerah dan jernih.
Saya kok jadi bingung waktu ngikuti "debat" masalah yang tadinya jadi subyek
email. Entah logika saya yang ngacau atau apa, tapi kok saya rasa banyak
peserta yang asal menanggapi suatu masalah dengan kurang memperhatikan
bahasan-2 sebelumnya.
Untuk moderator, saya harap tidak menghentikan thread-2 yang memanas seperti
ini. Ini semua juga jadi bahan pembelajaran buat kita semua; belajar untuk
hidup dan tentu saja kita juga harus belajar bersikap dewasa. Enggak Cuma
berkutat dengan masalah keteknisan saja. Praktisi IT juga manusia kan,
he..he..
Saya tidak bermaksud membela perseorangan yang terlibat, tapi mohon dengan
sangat kepada siapa saja yang berminat "urun rembug", untuk memperhatikan
alur thread dan juga membaca ulang pendapat2 yang sebelumnya. Sehingga
menjadi tidak apriori terhadap isi dari ^B_satu_^B postingan saja. Dengan
demikian pendapat kita jadi nyambung dengan pendapat-2 sebelumnya dan tidak
asbun.
Untuk Bp Satrya Ok [EMAIL PROTECTED], berkait dengan postingan Anda, apa
anda punya dasar yang kuat dengan pernyataan tersebut? Saya ikut milis ini
sekitar 1 tahun, dan seringnya hanya jadi pengamat saja, karena kebetulan
kemampuan saya baru sekitar itu. Dari postingan The_Eye_in_The_Sky
[EMAIL PROTECTED], saya kira beliau tidak seperti yang Bapak
tuduhkan. Beliau juga dengan berbesar hati mengakui bahwa beliau masih
"novice" kala berhadapan dengan MS *indows. Padahal banyak postingan beliau
yang solutif dan memberi wawasan baru, minimal buat saya. Saya pikir itu
semua tidak akan didapatkan hanya dengan "tanda tangan n browsing2
> aja". Demikian juga dengan Bp Ryo Saeba [EMAIL PROTECTED], walau gaya
beliau dalam memberi masukan-2 "berbeda" dengan yang lain, tapi saya juga
merasakan manfaatnya. Sekali lagi saya tidak membela perseorangan, tapi
berdasarkan apa-2 yang saya saksikan selama ini.
Untuk Bp Wiempy [EMAIL PROTECTED], dukungan sebaiknya digunakan untuk
kebenaran dan perbaikan, menerima koreksi sudah merupakan jalan yang benar,
tidak harus defensif dan bahkan ofensif menerima kritik dan masukan. Anda
sudah menyampaikan pendapat sesuai dengan keyakinan anda, nyatanya dengan
begini, minimal saya, jadi lebih tahu akan banyak hal.

Untuk semuanya terima kasih, mohon maaf kalo kata-2 saya kurang berkenan.
Saya hanya ingin belajar dan terus menjadi lebih baik lagi.

Mari kita jadikan dunia ini, khususnya Indonesia, menjadi tempat yang lebih
baik untuk ditinggali. Semoga dengan demikian, banyak tenaga-2 potensial mau
kembali ke negeri tercinta ini :p...

Salam,
Iqbal