Sebenarnya kunci dari harga jual adalah kebutuhan dan minat. Kalau sesuatu
itu dibutuhkan dan diminati, maka harga jualnya akan tinggi. Kalau
orang-orang IT memang sangat dibutuhkan, maka saya yakin harga jualnya juga
tinggi. Minat terhadap orang yang direkrut tentunya tergantung expertise dan
pengalamannya.

Saya pernah berbincang dengan sepupu saya yang orang marketing, dia bilang
"...walaupun SAP itu ilmu mahal, tapi kalau aku diajarin gratis pun nggak
mau, karena aku nggak perlu dan nggak tertarik...". Saya pikir benar juga.
Walaupun kita punya ilmu yang cara mendapatkannya sangat mahal dan penuh
pengorbanan, tapi kalau pasar belum terbuka, mau dijual ke mana??

Nah, kita sebagai orang IT harus bersatu, jangan saling menjatuhkan. Kitalah
yang bisa membuat orang-orang di Indonesia membutuhkan dan berminat pada IT,
bukan hanya tertarik. Kalau tertarik sih mereka hanya berkomentar,"Wah!
Canggih ya..!", "Teknologi makin maju aja!", "Hebat! Kok bisa ya...?!". Tapi
ketika ditanya mau pakai di perusahaannya? Mereka bilang,"Nanti dulu ah,
mahal dan saat ini belum perlu...".

Melalui wadah IT Center ini, saya mengajak rekan-rekan, terutama yang
mempunyai posisi di IT Management, untuk memperkenalkan kepada pengusaha
tentang kemudahan-kemudahan yang diciptakan oleh IT dalam menjalankan
bisnis, tentunya dengan ROI yang tidak terlalu lama ;-). Karena sebenarnya
kemudahan-kemudahan itulah yang dicari oleh pengusaha. Sehingga bisnisnya
lebih terkontrol.

Di banyak negara maju, "nyawa" suatu perusahaan sudah di tangan IT, makanya
orang-orang IT termasik highly paid people.

Salam IT

Agoes