> -->Sebenarnya data yang ingin saya dapatkan hanya jumlah dari
pemakaian
> listriknya, yang kemungkinan akan saya bandingkan dengan meteran
dari PLN,
> sehingga kita tahu kapan meteran tersebut sudah tidak sesuai lagi
> pengukurannya, karena menurut pendapat saya jika menggunakan meteran
digital
> cara pengukuran tidak berubah. lain lagi dengan meteran biasa, yang
> (mungkin) bisa berubah jika digunakan dalam waktu yang lama.

===== Untuk kasus ini, sepertinya cara Pak Henkie-lah yang paling
cocok... yaitu mengukur V dan I secara realtime (dan memperhitungkan
faktor cos phi-nya). Ingat seperti kata Pak Henkie, meteran kita itu
kWh, bukan kVAh :)

PS: Rasanya hampir pasti hasil pengukurannya beda deh Pak (karena
meteran analog kita rata2 usianya uda uzur).

Sincerely,
Jimmy Auw.