> Nah ini masukkannya dari rekan yang mengetahuinya.  Jadi,
kesimpulan, kita
> tidak bisa menggunakan IC 7812.

===== Saat nyala dan stationer (tanpa perlu di-gas-gas) harusnya
sekitar 14 Volt lebih koq Pak Henkie (waktu itu saya pasang audio
kebetulan sempet check, takut voltage drop waktu digeber ama 3000 RMS)
. Dan spek 78xx yang saya tau itu minimal >2V, bukan >3V. Jadi dengan
stationer saja (14V lebih), harusnya sudah cukup untuk memasok
regulator... kecuali kalo di mobil juga dipasang barang lain yang
butuh startup power gede (ataupun suka narik arus gede)... nah ini
baru mungkin jadi problem.

And rasanya enggak mungkin juga kita setel cd tanpa nyalain mesin kan?
Soalnya asumsi output dari cd-rom akan dimasukkan ke amplifier dan
speaker yang minimal nyedot 25A... ya kalo tetep maksa mau nyalain
dalam keadaan mati ya bikin switch aja (baik manual ataupun otomatis
dengan relay) untuk pindah ke regulator saat mesin ON dan pindah ke
direct saat mesin OFF.

Solusi lain yang paling praktis memang pake regulator low drop saja...
LM2940 ya kalo ga salah... Maaf kalo salah2... maklum tukang
elektronik serabutan... ;)

Sincerely,
Jimmy Auw.