Sekarang kan banyak Program Open Source, yang relatif lebih murah bahkan gratis
dengan berbagai macam fungsi.
Dengan demikian kita tidak akan melanggar HAKI dan juga tidak tergantung pada
platform propertiary yang mahal.
Itu juga dapat memperkaya khazanah dunia IT.
Jika ingin menggunakan software propertiary, itulah risikonya biaya yang
tinggi. Kalau ingin menekan budget ya solusinya dengan menggunakan software
open source.
Aku bukannya ingin menambah polemik yang sedang terjadi mengenai software
ilegal yang sedang berlangsung di milis ini. Setiap orang punya pendapat
sendiri.
Yang perlu dipahami adalah setiap program propertiary dan open source mempunyai
kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Dan bagaimana kita mensiasatinya agar kita mendapat keuntungan dari IT itu
sendiri.
Apalagi banyak perusahaan menganggap IT itu sebagai suatu "Cost" dan bukannya
investasi sehingga memperlambat mereka dalam mencapai ROI (Return On
Investment).
Ini menjadi dilema kalau menggunakan software propertiary membutuhkan dana
besar dan jika kita menggunakan software illegal berarti kita tidak mehargai
HAKI orang lain dan melanggar hukum. Kalau ada solusi lain seperti open source
kenapa tidak dimanfaatkan?

Semuanya kembali ke pribadi setiap orang. Buat yang merasa nyaman dengan
menggunakan system propertiary ya silakan saja, meskipun belajarnya dengan
menggunakan software ilegal. Tetapi perlu diingat kita belajar IT untuk
diimplementasikan di dunia kerja dan masyarakat. Jika dunia usaha menuntut
solusi yang ekonomis dan tidak melanggar hukum, apakah kita harus berhenti
sampai disitu? Dan apakah kita mau masyarakat menjadi pintar tetapi dengan
mental "pembajak"?

Buat aku IT itu bukan hanya sekedar software, hardware dan system operasinya.
Tetapi lebih luas lagi mencakup social engineering dan bagaimana IT itu dapat
memberikan manfaat dan dapat diterapkan dalam lingkungan.

Regards,
Martin B.