> Saran aku lebih baik distro Red Hat atau Suse.
> Relatif reliable dan lebih mudah dalam instalasi dan dukungan driver
> hardware-nya.
> Ini berdasarkan pengalaman aku, mungkin pengalaman yang lain berbeda.
> Mungkin sekarang ini semua distro Linux, hampir sama saja kemudahannya
> dalam instalasi dan dukungan driver hardware-nya.
> Yang aku tahu di SUSE bisa dibuat theme seperti Windows dan bisa
> mengimport fonts pada windows.
>

> Regards,
> Martin B.
kalo hal kemudahan, saya pilih mandriva
deteksi hardware macam RH or suse, sama mudahnya, coz kernel untuk RH bisa
diaplikasikan langsung ke mandriva (suse belom coba)

kemudahan setup seperti yast pada suse dengan mcc pada mandriva

konsistensi menu program, misal kita nginstall paket program A (GUI) di
mandriva langsung muncul di main menu, bandingkan dengan distro lainnya
(ubuntu)

untuk fonts, fasilitas import semuanya ada, misal suse pake yast, mandriva
pake MCC

install otomatis beserta dependency nya, RH/FC pake yum, mandriva pake
urpmi, lagiĀ² suse pake yast, mandriva pake MCC

yg gak kalah pentingnya, paket (hampir semua) kelas enterprise semacam
centos,rhel bisa langsung di pake di mandriva

kemudahan setup sistem melalui console dengan mcc, sama dengan suse yast
dan setup pada rh

survey membuktikan, kebanyakan pemula linux di indo pasti nyoba si mandriva

apalagi ya ???

eh iya, jangan protess.. tu semua pendapatku lo...