kalau di WIN2K bagaimana ya menghitungnya?
thx atas pencerahannya

-----Original Message-----
From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of syiwabhairawa
Sent: Friday, June 16, 2006 1:20 PM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [ITCENTER] Re: Pergeseran Teknologi dari LAN/WAN ke SAN

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Dilza SZ" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Tidak menjanjikan performance?
> bandingkan dengan FC 2/4 GBps dengan dual HBA active-active load
balancing
> kalo dibandingkan dengan entry level storage mungkin saja belum
menjanjikan
> ya?

Kalau saya membedakan antara Fibre Channel dan SAN. Yg anda sebut FC
1/2/4/8/10/40 itu kan Fibre Channel, dan bisa dideploy dalam fabric
atau point to point ataupun Arbitrated Loop. Bisa saja kan anda deploy
FC tapi untuk melakukan Direct Attachment pakai P2P atau FCAL.

Jadi IMHO, walau SAN itu bisa memakai FC, tapi belum tentu setiap
implementasi FC adalah SAN.

I/O Multipathing juga bisa P2P kan, gak perlu SAN?

Jadi again, dari pengertian saya, SAN tidak menjanjikan performance.
Yang memberikan performance itu sifat FC medianya sendiri.

> tapi asal IOPS nya mencukupi pasti performancenya menjanjikan, CMIIW
>
> ada yang tau gimana cara mengitung seberapa esar kebutuhan IOPS kita
gak?

Pakai OS apa? Kalau Solaris saya pakai sar dan iostat.