sangwaktu wrote:

>  > 1. Ternyata yg anda maksud TDK itu adalah brand medianya, bukan TDK
>  > external DVD writer. Pertanyaan ke anda, jenis media TDK ini yg DVD-R
>  > atau DVD+R?
> ================
> dvd+r

OK, check dulu apakah drive anda bisa menggunakan DVD+R? Karena biasanya
  media DVD-R lebih umum dipakai. Jangan sampai anda pakai drive yng
hanya support DVD-R tapi tidak support DVD+R. Masih ada kotaknya kan?

>  > 2. Anda bilang IBM drive anda adalah DVD ROM, lha jelas dong kalau DVD
>  > ROM tidak akan bisa write any media, dia hanya bisa read saja media yang
>  > sudah ditulisi. Otomatis kalau dimasukkan media yg masih blank dia tidak
>  > akan bisa mendapatkan VTOC dan error terus. Tolong verifikasi lagi
>  > apakah IBM external DVD anda itu hanya semata reader (ROM) atau juga
>  > merupakan writer?
> ==========
> maaf oom :-), sudah dvdrw..

Nah kalau benar DVDRW, berarti seharusnya bisa write. Di Windows Device
Manager apakah drive tesebut sudah muncul? Atau setidaknya di My
Computer sudah tampak dan bisa digunakan untuk membaca CD atau DVD biasa?

Anda bilang anda coba test pakai Nero 6. Ketika anda jalankan Nero
Burning ROM, ada pilihan di menu atas : Recorder, lalu Choose Recorder.
Apakah DVD writer anda nampak?

Kemudian, darimanakah anda mendapatkan copy Nero ini? Soalnya ada Nero
yg dijual sebagai OEM software untuk drive merek tertentu, ada kalanya
di lock sehingga tidak bisa digunakan untuk software lain. Contoh saya
punya Teac dengan Nero, ketika BenQ drive saya dipasang, Nero Burning
ROM saya tidak kenal.