Arya Jaka wrote:
> bedanya apa aja Pak...???antara standard, silver, de el el...???
> itu harus per tahun bayarnya ya...???wah kalo gitu sama aja dengan windows
> dunkz...???
> saya kirain linux itu memang bnar2 gratisss??? ;->

Linux kernel per se sendiri adalah GPL, sehingga bisa didapat as a
gratis software.
Tapi ada orang atau company yg melakukan value add dari barang gratis
tesebut, dengan membuatnya distro yang berbayar. Bedakan antara Linux
(kernel saja) dengan distro (kernel dan aplikasi)

Value add distro berbayar mungkin :
a. kemasannya bagus
b. pakai buku manual yg dicetak
c. ada help desk yang terima telpon adan email soal problem dan
memecahkannya
d. melakukan tracking mana bug yg perlu ditutup segera atau bisa
menunggu nanti pakai workaround tertentu
e. melakukan uji coba compatibilitas Linux distro tersebut dengan
hardware tertentu
f. melakukan uji coba compatibilitas Linux distro tersebut dengan
software tertentu
g. menyertakan software yg berjalan di atas Linux yang tidak gratis.

Mandriva Enterprise, Suse Enterprise, Red Hat Enterprise Linux, Java
Desktop System, Linspire, adalah contoh distro Linux berbayar.

Kalau anda mau memakai distro yang gratis full, alias murni GPL ada
juga, seperti Fedora, Ubuntu, Slackware, etc. Kalo ada bingung ya cuman
bisa tanya ke forum mailing list atau newsgroup. Bisa jadi ada yang
bantuin, bisa jadi dicuekin. Makanya dulu saya menyarankan di milis ini
ada yang masih pakai Red Hat 9. Peluangnya besar untuk dicuekin karena
sudah end of life. Lain kalau pakai distro berbayar, walau sudah EOL
tapi kalau support contract masih ada, dilayani terus.

Ada juga yang melakukan kombinasi seperti Ubuntu. Pemakai Ubuntu adalah
gratis, tapi kalau mau corporate support, bisa ke Canonical.

Ada juga yang GPL, tapi cloning errata distro berbayar, seperti yang
saya pakai, CentOS yg merupakan clone dari Red Hat Enterprise Linux.