- Cygnus - wrote:

> Sebenernya gak lewat SSH jg gpp sih :). Soalnya NIC di server nya kan
> gigabit, and cm pake cross antar NIC pakai UTP cat 6. Bisa aja pakai

Ya kalo cross antar NIC begitu mending directly r-command aja. Tapi
mungkin bisa diprotect pakai TCP wrapper (dengam masukin rsynd ke dalam
inetd mode), sehingga port port lain gak bisa dimasuki. Jangan pakai
firewall, soalnya jadinya boros resource lagi.

Saran saya, ditest dulu apa GE anda bisa melakukan cross cable. Kok
pengalaman saya dengan chipset dari Broadcomm dan Cassini sering rewel
kalo crosscable. Soalnya di GE ada konsep master-slave. Jadi kalo di
cross dan keduanya maunya master, gak bisa konek. Lain kalo pakai switch
jelas GE NIC master, switch port slave.

> rsync daemon atau rsh. Tapi emang ada performance degradation yah kalo
> lewat SSH?

Jelas, karena :
1. ada proses enkripsi paket dan deskripsi (eh kok aneh sih terjemahannya)
2. ada penambahan SSL header.
Pakai firewall nambah lagi, ada overhead untuk packet inspection based
on the firewall rule. Makanya saya lebih suka pakai inetd plus TCP
wrapper kalau anda nanti mau tanpa SSH.