--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Rahmad Taufik <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> salam,
>
> saya ada ide dengann teman2 perumahan tempat tinggal
> saya akan membuat RT/RW tapi dengan Wireless karena
> pengunna nya luas di daerah komplek tak terjangkau
> oleh kabel.
>
> teman teman bisa bantu apa saja peralatan pendukung
> untuk membuat itu..?

Saya belum pernah membangun RT/RW net, dan saya rasa Pak Onno W Purbo
sudah membuat bukunya, tinggal cari.

Tapi yang bisa saya utarakan di sini prinsipnya saja, karena
pengalaman saya membangun jaringan wireless jaman dinosaurus WaveLan 2
Mbps. Saya berasumsi anda akan deploy 802.11b di sini.

1. Anda perlu meletakkan Access Point di tempat yg bisa diakses oleh
semua client anda. Belum tentu kudu ditengah kampung. Bisa jadi kalau
di kampung itu ada bukit tinggi di pinggir kampung, letakkan AP di
sana lalu pakai directional antenna mengarah ke kampung.
2. Misalkan AP ada di tengah, anda bisa menggunakan sebuah antenna
omnidirectional di atas tower. Cari yang gain-ya setinggi mungkin.
Kalau ternyata masih kurang kuat, mungkin bisa dengan 4 antenna
directional ke 4 arah, tapi akibatnya justru yang dekat malah akan
tidak menangkap karena ada blind spot. Blind spot ini diatasi dengan
menggunakan antenna omnidirectional kecil
3. Jika anda menggunakan multiple AP, anda set supaya saling tidak
berinteferensi, jadi AP 1 di channel 1, AP 2 di ch 6, AP 3 di ch 11.
4. Untuk tower, jika mau tinggi, pakai guyed tower. Kalau sudah ada
gedung tinggi, pakai self supported tower
5. Untuk mengurangi power loss di cable antenna, letakkan AP di atas
tower. Jadi kudu beli outdoor AP, atau AP biasa tapi dimasukkan
kemasan wheatherproof dengan ventilasi yg bagus. Dan kirimkan power
melalui PoE cable
6. Untuk melindungi AP dari induksi petir, perlu dipasang gas
lightning arrester, jadi yang untuk frekuensi 802.11b, dan jangan lupa
pasang ground yg bagus.
7. Jika anda deploy multiple AP, anda bisa membuat mereka ada di
network range yang sama, atau berbeda, tinggal pinter pinter ngatur
routing di dalam PC yang jadi router.
8. Siapkan DHCP server anda untuk ada di kelas B addressing, karena
mungkin kalau kelas C tidak cukup untuk banyak orang.