mazdev wrote:

> Dear ITers
>
> Mohon petunjuknya
> Di tempat saya ada akses internet 512 Kbps rencananya akan saya bagi 02
> akses bandwidth (256 Kbps Incoming akses dari luar ke server internal) (256
> Kbps Outgoing akses browsing dari client luar)
> Yang jadi pertanyaan :
>
> Bagaimana setting utk kebutuhan itu ???, apa di router ??? (udk menggunakan
> router cisco series 2600) ???
> Atau di proxy ??? (udk menggunakan linux Redhat) ???

Saya re-confirm lagi, jadi bandwith downstream anda 512 Kbps. Anda mau
256 Kbps untuk user Merpati yang browsing Internet (ini betul arahnya
downstream), 256 Kbps lagi buat orang dari Internet mau akses server
internal Merpati (ini downstream juga). Yang anda lupa, kalau orang dari
Internet akses ke Merpati, apa yg diakses? Kalau yang diakses adalah web
site Merpati, mestinya yang dipentingkan adalah uptream dari Merpati ke
Internet dong, kan akses web itu assymmetrix, dimana request kecil,
answernya besar. Sekarang, tahukah anda berapa bandwidth upstream anda?
Kebanyakan ISP di Indonesia menjual akses secara assymmetrix, dimana
downsteam ke client besar, upstream dari client kecil. Padahal justru
upstream ini yang anda perlu perhitungkan untuk melayani permintaan
koneksi dari Internet ke dalam server Merpati.

Bandwidth management sendiri anda letakkan di choke point, yaitu dimana
semua koneksi bertemu, dan ada di Layer III OSI. Jadi otomatis tempat
yang tepat adalah router. Karena dia LIII device. Kalau di web proxy
keliru, karena dia ada di Layer VII, dan pasti bukan ada di posisi choke
  point. CCNA saya sudah karatan, tapi tahun 2000-an awal Cisco punya
CB-WFQ/WRED (Class-Based Weighted Fair Queuing with Weighted Random
Early Detection) bandwidht shaping
http://www.cisco.com/univercd/cc/td/doc/product/software/ios122/122cgcr/fqos_c/fqcprt2/qcfwfq.htm
Ini licensed feature di IOS. Nah kalo jaman sekarang hardware mana yang
bisa jalankan feauture ini, maaf saya sudah tidak tahu sekarang.