Response saya dibawah  ;-)

"Joko Siswanto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> karena
> berbagai kesalahan akhirnya berhasil juga, pake tampilan gnome, KDE tidak
> saya install langsung.
>
> Berikut kendala-kendala yang saya hadapi,
>
> 1) saya ingin membuat komputer saya terkoneksi dengan internet (telkomnet
> instan).
>
>    - bagaimana cara mendeteksi bahwa modem saya sudah terinstalasi dengan
> benar? (seperti proses query modem klo di windows, saya menggunakan modem
> external USB D-link)
>    - bagaimana cara setting new connection internet?

Wpy:
USB modem yg gak bisa diinstall jenisnya apa?? Klo jenis modemnya DSL
coba masuk ke link dibawah ini untuk cara instalasi modem tsb:
http://eciadsl.flashtux.org/tutorial.php?lang=en

> 2) saya ingin sharing data dengan komputer lain yang berbasis windows
> (pake
> winXp prof SP2).
>    - Bagaimana caranya dan dimana letaknya? (Saya sudah kasih IP yang satu
> kelas dengan dan saya ping dari komputer winxp berhasil/muncul reply )

Biasanya pake Samba. Saya pernah coba install Mandrake 10 dan
CentOS versi 4.3 sebagai server di kantor, dan berhasil dlm
konfigurasi samba dan Win XP bisa konek ke folder sharing yg
ada di server Mandrake dan CentOS. Untuk konfigure Samba
saya lebih enak memakai kedua jenis distro tsb, lebih mudah dan
gak seribet distro laennya. Untuk setting dan konfigurasi Samba,
silakan masuk ke link dibawah ini:
http://linux2.arinet.org/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=38
atau bisa langsung ke link ini untuk konfigurasi samba di Suse 10:
http://www.joeaudette.com/setupsamba.aspx

Di link tsb dijelasin step by step secara detail untuk setting
samba di Suse 10. Juga ada cara2 untuk setting Samba dan
Windows XP untuk sharing file di link berikut ini:
http://www.tweakhound.com/linux/samba/page_1.htm

Silakan dicoba2 dan dioprek-oprek dahulu. Klo masih gak
bisa nanti bisa ditanyakan lagi.

> 3) Katanya di linux bisa install program2 berbasis windows?
>    - Gimana caranya dan dimana letaknya?

Klo mau install program2 berbasis Windows bisa menggunakan
CrossOver Office Pro. Untuk download, silakan masuk ke link
dibawah ini untuk download versi trialnya:
http://www.codeweavers.com/products/download_trial/

Klo ada yg masih blom dimengerti, silakan ditanyakan kembali. Akan
saya coba bantu.

Salam,
Wiempy