marlo tanujaya wrote:

> Usulnya bagus, semoga menjadi awal yang baik. Saya sering melihat bahwa
> masih jarang share ilmu dengan open di Indonesia.
> Saya pernah ikut workshop yang diadakan oleh Bpk. Onno. Harddisk beliau yang
> isinya 30 GByte dikasih cuma-cuma kalau yang bawa harddisk.
> Orang seperti Bpk. Onno inilah yang dibutuhkan dalam memajukan IT di
> Indonesia.

Value add Pak Onno adalah knowledge dan experience beliau yg dishare
dalam workshop, bukan karena bawa bawa software :D
Jadi kalo milis mau pinter secara offline, mending diadakan tutorial
class atau workshop.

> Usul juga untuk Moderator, bagaimana untuk IT Center ini mengembangkan
> program yang open source dimana member bisa berpartisipasi didalam pembuatan
> program tersebut.

1. Tidak semua member di sini adalah coder, saya yakin jumlah coder di
sini dibawah 68% ;-D
2. Kalau anda ingin berpartisipasi dalam Open Source project, jangan
membatasi ke komunitas lokal yang dibatasi culture, nationality ataupun
bahasa. Jump ahead ke proyek open source dunia, misalkan
http://sourceforge.net/index.php. Rugi kalo membatasi diri dalam forum
kecil, karena banyak kemungkinan apa yg anda lakukan sudah ada org lain
yg melakukan juga, jadinya duplikasi. Even proyek localization (sorry,
gak mau nerjemahin jadi lokalisasi ;-P ) juga sebaiknya diumumkan ke
komunitas internasional.