-shah- wrote:

> mau nanya konfigurasi MS-Exchange bila ada dibelakang IPCop dong,
> berikut konfigurasinya:
>
> IPCop Firewall
> Internet servers dg Copfilter Workstation
> clients
> +--------+ +----------- -------+
> +----------+
> |POP3 | Internet |RED GREEN| LAN | |
> |SMTP |----------- --------|
> |----------- -----| |
> +----------+
> |FTP |
> Exchange Server
> +-------+
>
> Mudah2an gak berantakan gambarnya.

Waduh, sayangnya berantakan jadinya di sini :(

> Si Exchange kan pakenya IP Statik, gimana settingnya si Exchange dan
> IPCop-nya biar mail servernya bisa berkomunikasi dengan internet.
> Saya menduga mungkin pake port forwarding di IPCop, tapi terus di
> Exchange-nya sendiri ada perlu dikonfigurasi nggak?

IPCop sendiri kan bisa dibuat multiple subnet yah, RED-GREEN-ORANGE-BLUE
Saya sarankan letakkan mesin Exchange server di ORANGE zone (DMZ). Set
IP addressnya ke salah satu IP dalam ORANGE zone.
Kemudian anda set IP forwarding dari public (RED) dan internal (GREEN)
ke arah ORANGE, untuk port SMTP, POP3 dan (mungkin) IMAP.

> oh yah, Exchange-nya yg 2003, dah ada Symantec CE 10, yg termasuk
> didalamnya Antispam standar, bisa gak ya jalan bareng Copfilter yg dah
> ada Antivirus dan Antispam juga, soalnya sayang juga kalo mesti matiin
> Symantec-nya, dah beli mahal2 ;)...

Copfilter ini apa yah? Salah satu module di IPCop? Wah malah saya belum
coba sayangnya. Tapi kalao Copfilter jalan di IPCop host, dan Symantec
C10 jalan di Exchange Server host, ya gak apa toh dipakai dua duanya.
Kan beda posisi.