Posted by: "The_Eye_In_The_Sky" [EMAIL PROTECTED] syiwabhairawa
Date: Mon Jul 3, 2006 8:30 am (PDT)

-shah- wrote:

> Jadi dari situ keliatan bahwa si exchange-nya nggak di dmz, kenapa? karena
> keterbatasan resource
> (hehehehe... . ethernet card-nya cuman 2, mo beli card sayang
> duitnya, ini soalnyo baru mo nyobain, kalo emang running well baru mo
minta
> beliin) ;)

Ya nanti kalo sudah stabil bisa dikembangkan lebih bagus, malah saran
saya sekalian invest ke mesin rada rada tua, pakai SCSI hard disk,
dijadikan SMTP server. Jadi instead MS Exchange directly sending ke
Internet, pakai extra relayer SMTP. Juga untuk incoming, pakai dual MX.
Jadi Exchange purely sibuk servicing client IMAP dan POP3.

> nah, dari penjelasan Pak Andri katanya tinggal diset aja IP-nya ipcop pake
> ip exchange.
> oh yah, kalo gak salah kemaren ada yg bilang untuk port forward exchange
> butuh port
> 80, 443 sama 25 ya, apakah cuman port ini aja yg diperlukan?

lho kok 80 dan 443?
Mestinya SMTP port 25, POP3 port 110, IMAP port 143.
Atau kalau anda pakai encapsulation SSL dan TLS, pakai port 465,995,993

port 80 dan 443 itu port buat HTTP dan HTTPS, atau anda pakai webmail kah?

kemudian apakah Exchange anda digunakan sebagai workgroup calendar
server? Kalo ini saya lupa pakai port berapa

> trus tentang CopFilter ada tulisan menarik di Howtoforge.com:
> http://howtoforge. com/perfect_ linux_firewall_ ipcop
> <http://howtoforge.com/perfect_linux_firewall_ipcop>

TFYI