IMO ATM bersama itu hanya "fasilitas" untuk mengakses bank yang digunakan.
Sementara proses transfer antar bank tetap mengikuti prosedur yang ada.

Transaksi dibedakan menjadi LLG/RTGS (kalau di teller atau internet banking
ada pilihan ini, gak tau kalo di ATM), dimana perbedaan didasarkan atas
jumlah nominal serta cepat/lambat nya proses.

Transaksi LLG diporses BI jam 10.00. Untuk bank tujuan Jadetabek bisa sampai
sore hari, sementara diluar waktu itu baru diterima H+1. Untuk RTGS diproses
jam 10.00 dan jam 13.00 dan diterima pada hari yang sama. Lewat dari jam
tersebut, transaksi berstatus "pending" menunggu jam 10.00 keesokan harinya.

Note1: Hari yang dimaksud adalah hari kerja. Jadi kalau transfer Jumat jam
15.00 misalnya, maka proses terjadi pada hari Senin 10.00.

Note2: Saat ini sedang dikembangkan JKN (Jaringan Kliring Nasional) dari BI
yang sepertinya sudah meluas sampai ke Surabaya. Ada info nantinya transfer
antar bank pada hari H bukan hanya Jadetabek tapi seluruh daerah yang sudah
ter-cover JKN tersebut.

Asumsikan saja, saya dan Anda menggunakan komputer yang sama. Proses kirim
email dari Yahoo ke Google tetap butuh waktu kan? Karena komputer hanya
media untuk mengakses situs mereka. Tapi bedanya layanan email 24/7
sementara bank ada jam kerjanya.

CMIIW