Malik wrote:

>  > 1. kalo pakai ACL dstdomain di squid gak perlu disebutin per host. 8
>  > lines acl di atas bisa disingkat jadi "acl Yahoo dstdomain .yahoo.com"
>  >
> wah kalo' dengan cara ini bahaya dong Pak... yang mau akses ke
> www.yahoo.com, mail.yahoo.com juga terblokir dech

Kalau anda maunya block per host, anda pakai "dst", bukan "dstdomain".
ACL anda diganti aja ke "dst".
Atau pakai cara saya, block semua seperti di atas, lalu dibawahnya allow
untuk www.yahoo.com dan mail.yahoo.com

> Yang saya coba ini memang baru http/https.. itu saja belum berhasil,
> belum lagi kalo pake SOCK atau lainnya.
> Terus untuk melakukan outbound firewalling ini seperti apa ?
> Ada link referensinya Pak Shiwa ?

Pada prinsipnya adalah deny_all dari dalam ke luar, tapi based on port
basis dan source address, bukan destination address. Kemudian baru allow
apa yang anda butuh. Misalkan butuh kirim email, baru buka port 25,
lebih bagus lagi kalau punya SMTP relay di dalam kantor dan hanya si
SMTP relay yg boleh kirim keluar pakai port 25, client lain tidak boleh.
Kemudian butuh web, buka port 80 dan 443, tapi hanya ijinkan si proxy
server yang membuka koneksi ke luar, dst.