Hmm..baca yah pertanyaan saya ini pada saat anda tidak emosi:

Apa ada yah perusahaan biasa dengan 100 user, tahun 2006 ini mau beli
komputer Pentium II buatan tahun 1997/1998 sebagai server? Penekanan
pertanyaannya ada pada "tahun 2006 beli Pentium II sebagai Server".

Saya tidak bertanya "Apakah ada perusahaan yang pakai Pentium II/III sebagai
Server?". Kalau ini pertanyaanya, jawabannya sudah pasti "ada ribuan/ratusan
ribu" perusahaan di didunia yang melakukannya.

Lagipula, yang namanya Server itu bukan cuma sebagai gateway untuk koneksi
Internet.

> Jangan meremehkan warnet mas .. dibeberapa bagian ..
> networkingnya lebih rumit dibandingkan perusahaan!  coba anda
> jalan-jalan ke kelapa gading .. ada warnet yang isinya lebih
> mahal daripada system yang anda punya

Oh..ya? Hebat juga yah investasinya. Tahun 1999 dulu, di tempat saya pernah
ganti beberapa Server Intel dan puluhan PC client, agar menunjang "Year
2000". Waktu itu sih seluruhnya makan biaya sekitar 2 milyar rupiah
(hardware + software legal). Kalau anda bilang ada warnet yang isinya lebih
mahal dari saya punya, berarti investasi warnet itu lebih dari 2 milyar yah,
untuk IT-nya saja? Bisa dijelaskan warnet harga segitu itu konfigurasinya
seperti apa?

Salam
Albert