pak arifin, coba pake cara ini.
metode ini bisa dipergunakan tidak hanya mencegah user excel mem-
print, tetapi termasuk juga mencegah user untuk Save As dan
sebagainya.

1. buka file excel dimaksud
2. masuk ke menu --> Tools --> Macro --> Visual Basic Editor
3. di environment Visual Basic Editor coba lihat di panel Project
(kalo panel ini belum terbuka, silahkan buka lewat menu View -->
project explorer)
4. di panel tersebut, dibawah VBAProject --> Microsoft Excel
Objects --> Pilihlah This Workbook
5. kemudian pindahlah ke panel utama Visual Basic Editornya.
6. Dari dropdown list pilihlah list Workbook, kemudian list sebelah
kanannya pilih BeforePrint
7. Lalu isikan kode program sesuka anda disana.
contoh:
Private Sub Workbook_BeforePrint(Cancel as Boolean)
MsgBox ("Ora entuk di print dhisik kang. Durung wayahe ki ")
Cancel = True
End Sub
8. lalu simpan workbook.

smoga membantu.