silverhawk262 wrote:
> Cygnus , boleh PM lebih lanjut saya ingin menanyakan mengenai
> technology silent drop & block backscatter ?

Silent drop itu terms, bukan teknologi :D. Maksudnya adalah lebih baik
di discard tanpa hrs dibounce back ke sender bahwa dia ngirim spam.

Untuk mengurangi trafik backscatter, in my experience, penggunaan SPF
record sangat membantu mengurangi flooding secara signifikan. Jadi nggak
langsung flood nya ilang begitu aja. Untuk penggunaan SPF record,
silakan coba liat2 www.openspf.org.

Kalo mau memblok, saya nggak tau kalo di mail server lain :) Tapi kalo
pakai postfix bisa pakai metode header_checks
(http://www.postfix.org/BACKSCATTER_README.html), atau yg lebih
"brutal", block null sender yang masuk ke mail server anda. Tapi ini
violating internet standards, ( lupa RFC berapa), dan menyebabkan user
anda nggak bisa terima email delivery status jika ada salah pengiriman.

--
- Cygnus -