Kagem Wiempy,

Sebenernya tidak aneh kok. Ddram pada awalnya diperkenalkan memang di
platform amd. Selanjutnya ada chip legendaris nf2 dari amd yang bisa
membuat ddr lebih optimal dengan dual channel. Dan ini jauh lebih
murah daripada rambus ram yg bandwithnya ternyata gak terlalu beda
signifikan. Dan akhirnya intel malah terpaksa menurunkan kelasnya
menjadi sdram/ddram, tentunya untuk bisa bersaing dengan amd yang
prosesornya waktu itu juga jauh lebih murah untuk performa yang sama.
Dari dulu di amd dikenal dengan dengan timing memori yang lebih rapat
untuk mendapatkan bandwith yang besar, sementara intel tidak, tapi
lebih mementingkan clock yng lebih cepat. Nggak heran banyak orang
beli ram mahal dengan timing rapat/latency rendah untuk systemnya,
terutana yang suka teweaking dan overclock.
Dengan berpindahnya intel dengan ddr2 sepertinya memori ddr2 dengan
clock 533mhz belum bisa jauh meninggalkan ddr1.
Jadi percuma juga kalo amd mengganti platformanya dengan ddr2 buru2.
Setahu saya juga memori ddr2 baru sangat berasa kalo mempunyai clock
800mhz (ddr400x2dual kanal) keatas. Dan itu yang membuat intel P4 EE
(extreme edition) dengan bus 1066 pada jamannya sangat mengungguli
prosesor amd.

Tapi sekarang dengan berkembanganya memori bahkan ddr3 sampe ddr4 (belum
rilis) platform AMD udah bisa ditemui dipasar misal mobo dengan chipset nf5
support ddr2 533/667. Disebut dengan AM2. Tapi memang bedanya belum
terlalu signifikan. walaupun ddr 1 memang sudah mentok sulit dicapai
clock yang lebih tinggi lagi. Lagi pula memori ddr2 sekarang juga
semakin murah. Mungkin beberapa waktu lagi ada socket baru pake ddr3 dengan
socket F..

Kalo diperhatiin di software utility misal sisoftsandra atau everest.
Bisa diliat di reference benchmarknya, banyak model mobo dengan chipset
dan memory yang digunakan. Setidaknya ini bisa jadi pilihan Anda untuk
menentukan chipset dan memori yang cocok dengan prosesor Anda.

maaf kalo ada satu dua yg salah..

--
nuwun,
bAKT                            mailto:[EMAIL PROTECTED]

Saturday, July 29, 2006, 11:43:38 PM, Sampeyan nyerat mekaten:

> Jadi mainboard untuk Pentium 3 saja disediakan slot untuk
> memory DDR, tapi sangat jarang sich produsen mobo
> yg khusus sediain slot memory untuk SDRAM dan DDR-SDRAM.
> Tapi anehnya untuk mainboard platform AMD, koq selama
> ini saya perhatikan jarang yach yg mendukung memory DDR2.
> Klo saya tdk salah mainboard untuk AMD socket 939 saja
> hanya support memory DDR1.

> Salam,
> Wiempy

Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam?  Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com