Pada Thursday, August 10, 2006, 2:56:20 PM, Arya menulis:

<deleted>

> Saya percaya ke semua member di milis ini adalah orang2 yang berhati besar
> dan mau mengakui kesalahan masing2.....kita disini cari solusi
> OK.....mengutip dari obrolan seorang teman be part of the solution not the
> part of the problem
> Udah deh tutup aja masalah ini semua.....udah dulu.....masing2 tutup mulut
> dan merenung diri deh.....case closed OK....

<deleted>

Saya rasa "diskusi" seperti ini perlu juga sekali-kali, apalagi untuk
rekan yang merasa dirinya niubi :)
Salah satunya adalah apakah anda pernah atau tahu mengenai NETIKET
dalam ber-mailing list? Dimana salah satunya adalah.. hapus bagian
yang tidak perlu dan hanya sertakan bagian yang ingin anda komentari.

Tarik pelajarannya... dalam adu argumentasi bila anda yakin anda benar
maka perjuangkan hal tersebut sampai titik darah penghabisan (bila
perlu hehehe). tentu dengan segala amunisi dan persiapan yang
mendukung keyakinan tersebut. bila suatu saat ada argumentasi yang
mematahkan keyakinan anda, cari amunisi lain yang dapat membatalkan
argumentasi tersebut. bila sudah dicari tidak juga menemukan amunisi
maka sewajarnya kita "mengakui kesalahan" keyakinan itu. Dan selalu
ingat, yang di adu adalah "keyakinan" bukan orangnya.

Jangan karena kepanjangan sedikit langsung minta case closed... belum
beres kok kabur. Be gentle and solve your own problem man.
--
Dony Isnandi (http://isnandi.net/2006/08/10/enaknya-jadi-anggota-dpr)
* learning is a process *