Pak heru,

spec pc sudah berlebih kalau hanya untuk aktifitas dengan spreadsheet.
mnrt saya ada bbrp kemungkinan penyebab file anda tidak seperti biasanya
(termasuk scroll lambat, loading lambaaat, dan sejenisnya).
1. file excel (workbook) tersebut mengalami bloat, bisa dicoba mengingat-ingat
apakah kenaikan ukuran file naik secara wajar dibandingkan dengan penambahan
data baru di sheet? jika ternyata ada indikasi penambahan data sedikit tetapi
file size menjadi berlipat2 ganda berarti terjadi bloat.
2. workbook tersebut corrupt

ada yg bisa dilakukan untuk keadaan seperti ini, meskipun dengan cara manual.
1. backup dulu workbook yg bermasalah tsb (in case ada fatal pd workbook, msh
pny aslinya)
2. periksa satu-persatu sheet pastikan tidak ada yg error
3. cek dulu file size, lalu delete sheet tersebut. kemudian cek file size lagi.
(dari sini kita bisa lihat sheet yg potensial menjadi sumber bloat)
4. lakukan cara tsb sampai sheet terakhir
5. jika sudah ditemukan sheet yg bermasalah, delete saja. untuk aman create
saja sheet baru jangan lakukan copy dari sheet bermasalah tersebut.

jika masih kurang puas dengan hasil diatas bisa dilakukan dengan melakukan
select atas cell-cell data dari tiap sheet, kemudian lakukan cut-paste ke
workbook dan worksheet baru. hindari copy-paste dari worksheet yg bermasalah
karena akan terbawa di workbook baru.

koreksi kalo salah ya.
semoga membantu.

cheers