----- Original Message -----
From: Hendranto Nugroho
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, August 15, 2006 9:56 AM
Subject: jaringan WIFI

Khoiril,

Untuk diketahui, jaringan wifi rentan terhadap beban jaringan overload, itu
dapat membuat wifi tersebut dapat drop.  Saya punya beberapa pengalaman dalam
mengembangkan jaringan wifi, sbb:

1.  Saya pernah mencampurkan antara jaringan wifi dan kabel tanpa melakukan
subneting fisik, yang terjadi adalah performance wifi tersebut jatuh dan sering
drop
2.  Satu saat salah satu komputer kemasukan virus yang isinya menyebarkan email
ke mana saja (dan tidak terdeteksi oleh antivirus) sehingga tiba-tiba access
point menjadi berat dan sering drop
3.  Salah satu team saya pernah mencoba mengembangkan dua wifi yang tidak
saling menguatkan (punya nama masing-masing) ternyata performance-nya buruk
sekali
4.  Saya melihat maksimum untuk jaringan wifi 20-30 komputer untuk mendapatkan
performance yang baik

Untuk hal tersebut, saya melakukan hal sebagai berikut:

1.  Saya pisahkan antara jaringan wifi dan kabel dengan melakukan subnetting
fisik (tidak logik), saya menempatkan satu komputer sebagai router antara
jaringan wifi dan kabel dengan menggunakan minimal 2 ethernet card, satu ke
access point, satu lagi ke switch kabel
2.  Saya pasang dua access point untuk saling menguatkan (dianggap oleh
komputer sebagai 1 access point), saya pasang dhcp server pada access point
tersebut, kemudian untuk securiti saya pasang WPA
3.  Saya pasang proxy server squid dengan transparant proxy server
4.  Saya pasang traffic management untuk mengontrol trafik dan membatasi quota
trafik untuk deteksi virus

Ok selamat mencoba,

Hendranto Nugroho, MKom, AAAIJ
Project Manager