> Dear All,
>
> Mudah2an berkenan,
>
> Beberapa hari lalu saya ditanya oleh salah seorang temen saya,
>
> "Bagaimana settingan di ISP tentang leased line berkaitan dengan
> penggunanan
> line khusus & cara pembagian sesuai sewa bandwithnya "
>
> Jadi ketika modem leased line di customers itu ngedial... itu kemana
> dulu...
> ??? ke telkom atau ke ISP, dan gmn kronologi nya?
>
> Apakah customers > dial > telkom > forward > ISP (dibagi bandwithnya)
>
> Trus gmn sih cara pembagian bandwith di ISP?

> [...]

tergantung mo pake topologi apaan, terlalu banyak alternatif, salah
satunya. misal pake asti sebagai jalur ke inet

- asti<>router/RAS<>WAN/LAN
- asti<>router<>RAS/WAN/LAN

dst, tergantung kebutuhan. dalam hal ini yg digunakan RAS juga macemĀ²,
bisa pake line telponnya telkom, ato GSM/CDMA

CMIIW

--
Email sudah discan menggunakan MailScanner.