Tommy wrote:

> Wah.. gitu ya..hehe.. disini ada 5 atau 6 nih yg rusak n kayaknya belum 3,
> apalagi 5 tahun, Seagate dan Maxtor. Kalau saya kembalikan ke vendor bisa di
> replace? atau setidaknya di service bebas biaya?
> Beli di MangDu smua kayaknya..
> Lumayan nih kalau masih bisa dipakai ^_^

coba aja kamu ke homepage Seagate atau Maxtor, kemudian dari sana minta
RMA, lalu masukkan Serial Numbernya. Nanti akan kelihatan kalo hard disk
kamu ini bener bener dijual untuk end user (B2C) atau sebagai bulk sell
atau OEM (B2B).

Kalo dijual sebagai bulk sale ke 3rd party distributor, di distributor
itu yang kudu menanggung garansinya. Kalo dijual ke OEM, si OEM vendor
yg kudu menganggung garansinya. Vendor original spt Seagate dan Maxtor
hanya honoring warranty ke anda kalau Serial Number hard disk
menunjukkan bahawa hard disk tersebut dijual untuk end user.

Nah yg masalah, banyak paralel importir di Indonesia yg melakukan bulk
sale B2B seperti diatas, jadi hard disk tersebut tidak akan digaransi
oleh Seagate atau Maxtor