On 9/7/06, Antonius Pungkas <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sori... ada yang tau algoritma roll back ga?? Ato di VB.Net ada
>  vasilitas roll back ga?? Ada yang tahu??

yang saya tahu, rollback di oracle, bukan di vb, karena saya tidak
pernah lagi pakai vb.

intinya, kalau ada fasilitas rollback, tiap transaksi data akan
dicatat juga dalam sebuah tempat sementara (rollback segment kalau di
oracle) yang mencatat transaksi ini. kalau mau rollback, ya tinggal
melihat perubahan apa saja yang ada dalam rollback segment ini dan
dilakukan perubahan dalam tabel agar kembali ke dalam kondisi
sebelumnya. perintah commit akan mengosongkan rollback segment,
sehingga data akan permanen tersimpan di dalam tabel tanpa bisa
dikembalikan lagi ke asal mulanya (bisa aja sih, kalo di oracle ada
transaction log, kita bisa "replay" transaction log ini sampai ke
titik yang kita inginkan).

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com