From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of Henkie Basuki Djayapranata
Sent: Thursday, September 07, 2006 8:16 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] layar monitor tiba2 mengecil???

Kalau tidak ada suara yang mendenging, gambar mengecil, mengindikasikan
tegangan power supply mengecil yang berarti ada kerusakan di rangkaian power

supply. Periksa rangkaian Power Supplynya dari kerusakan, terutama
Capacitor yang berukuran besar.
Rangkaian power supplynya biasanya bekerja stabil, dengan cara hasil
tegangan output di sekundernya dideteksi dengan IC opto coupler yang terdiri
dari LED dan Photo sensor, yang akan mendeteksi ke terang an dari LED dan
itu akan membuat rangkaian primernya menentukan, apakah tegangan yang
diperoleh, sudah cukup. Karena ada capacitor yang sudah menurun
kapasitasnya atau bocor, maka sebenarnya, bentuk tegangan yang ke LED sudah
tidak lagi
berbentuk tegangan DC, melainkan tegangan pulsa dan tegangan pulsa ini
dideteksi oleh Photo sensor, pada puncaknya dan bukan tegangan rata-ratanya,
sehingga tegangan ini dianggap normal, yang sebenarnya sudah merendah.

Kalau ada suara mendenging, biasanya ada beban berat yang tidak bisa lagi
ditangani oleh rangkaian power supply, sehingga akhirnya tegangannya kecil
dan mengakibatkan gambar kecil. Beban berat bisa disebabkan Capacitor di
rangkaian Horizontal, yang turun kapasitasnya atau bocor dan bisa juga FBT,
Fly Back Transformer nya yang sudah mulai rusak, yaitu kumparannya ada yang
terhubung singkat dan satu lagi, bisa juga hanya disebabkan kotoran yang
sudah menumpuk.

Cara mudah, adalah dengan membuka tutup belakangnya, membersihkannya dari
debu yang biasanya sudah sangat banyak menumpuk, memeriksa
Capacitor-capacitor berukuran besar dari bagian atasnya yang melendung atau
di PCBnya sudah terlihat ada kerak putih kecoklatan yang menandakan adanya
kebocoran.
Capacitor adalah komponen elektronik berbentuk tabung, yang bagian atasnya
terlihat bahannya dari aluminium , biasanya berselubung berwarna hitam atau
biru dan ada tulisan, dalam satuan uF.

Salam.