--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "novita retnowati" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear friends ITers,
>
> nanya donk??
> ada yang tau printer A3 yang handal? merek dan tipenya apa ya?yang
bisa di
> buat ngeprint dalam jumlah banyak dan cepet. di kantorku biasaya
pakai canon
> i6500 dan i6100 tapi head printernya mudah rusak...
> mungkin dari temen2 sekalian ada yang sering pake priter A3 dan terbukti
> awet..apa ya?
> kalo bisa yang ukuran cartridge nya besar...

hmm anda pakai ink-jet yah?
Perkiraan saya, head printer anda mudah rusak karena bebannya memang
sudah terlalu tinggi untuk menggunakan ink-jet. Mungkin anda sebaiknya
mempertimbangkan investasi ke color laser printer untuk workload yg
lebih tinggi.

Di kantor saya sendiri kebetulan memakai Xerox Phaser™ 7750/DXF Laser
Printer dan Xerox Phaser 7700 Laser Printer. Kami pakai Xerox karena
image generatornya dari mesin Unix, jadi dicari yg Unix friendly.
Tapi memang kudu diakui, color saturation-nya tidak sebagus printer
ink-jet karena menggunakan teknik color dithering. Tapi ya karena
kantor saya IT business, gak perlu bagus bagus amat untuk color picture.

Lain ketika saya dulu kerja di biro arsitek dan seimic analysis,
dibutuhkan printer yg colornya bagus, jadi mau gak mau kudu pakai
inkjet ataupun thermal dye (mahal sekali kalo ini). Untuk ink-jet,
mungkin bisa dipilih HP, tapi yg ada di kelas DesignJet, karena ini
memang dirancang untuk workgroup, high usage dan high-volume.