>  Kalau sudah memindahkan file data base yang kita buat dengan SQL Server
> kemudian memindahkan data base tersebut ke komputer lain. Caranya
> bagaimana? karena setahu saya, data base yang sudah saya buat kok tidak
> bisa dipindahkan lagi.

Caranya buat dulu database kosong yang namanya sama di kompie target, terus
matiin servicenya MSSQL Server baik di kompie source maupun target (klik
kanan iconnya MSSQL Server yang ada di taskbar terus pilih "MSSQLServer -
Stop"... Atauuu buka Enterprise Manager <Start Menu, Programs, Microsoft SQL
Server, Enterprise Manager>, abis itu Klik tanda "+" di sampink Microsoft
SQL Servers, abis itu klik "+" lagi di sampink SQL Server Group... Nahh, kan
harusnya keliadtan nama kompie servernya, terus klik kanan n di pilih "Stop"
lalu Yes), lalu di copy aja file database yang bersangkutan (nama filenya
awalnya nama databse diikuti dengan "_Data" dan "_Log", jadi ada 2 file)
dari direktori Microsoft SQL Server\MSSQL\Data kompie source ke direktori
Microsoft SQL Server\MSSQL\Data kompie target (yang di kompie target ditimpa
file nya ama yang dari kompie source <overwrite>), baru kemudian dijalanin
lagi service MSSQL Server nya (caranya ama kaya matiin cuma bedanya ini
pilih yang "MSSQLServer - Start" di icon taskbar or pilih "Connect" di
Enterprise Manager), database sudah selese deh di copy dan isinya ama...
Misal : Saya buat database namanya dbTest di komp A n saya mau copy ke komp
B... Nahh, pertama2 saya buat dulu database kosonk dengan nama dbTest di
komp B terus matiin service MSSQL Server di komp A dan B... Kemudian saya
copy file "dbTest_Data.mdf" dan "dbTest_Log.ldf" dari direktori "Microsoft
SQL Server\MSSQL\Data" komp A ke direktori "Microsoft SQL Server\MSSQL\Data"
komp B, bila ada konfirmasi overwrite pada saat copy dipilih Yes... Habis
itu baru dihidupkan kembali servicenya MSSQL Servernya di komp A dan B,
selesai....database dbTest di komp B sama seperti di komp A... :-)

Demikian, semoga membantu, CMIIW....

Sincerely,
Ivan Tan

www.laptopseken.com - Buat apa beli PC kalau bisa beli laptop!