xneakers wrote:

> [...]
> IMO kalo di luar negeri, tenaga ahli itu mahal biayanya (yang bisa
> ngerakit, setup, install, etc). La wong untuk technical support setup/
> install software aja bayarnya tinggi koq... Makanya vendor sana hampir
> pasti ada yang namanya tool free tech support. Di indo mah bayar
> admininstrator kalo bisa jadi tukang kuli panggul sampe install server
> cuman satu orang yang pegang. Install software all-in-one dari OS
> sampe software office dan gambar cuman 25 ribu doank (jaman dulu waktu
> belum banyak razia2an). Only found in Indo dan negara2 berkembang aja

Bukannya branded merk lokal juga tetep lebih mahal? zirex, mugen, ion dll..

> tidak

> ===== Tiap negara punya iklim yang berbeda. Selain itu, kalo orang
> ngerakit di luar umumnya mereka ngerti alias pengen cari spek yagn
> lebih tinggi daripada spek branded. Kalo di indo orang ngerakit karena
> memang tidak punya banyak pilihan (nyari branded PC susah bok, ada pun
> enggak murah).

Pada kenyataannya menurut beberapa rekan saya, di indonesia orang lebih
melek part lho. Makanya udah tahu mesti make intel, asus, dll buat merk2
part nya

> ===== Ibarat nyari pembantu rumah tangga di luar negeri... kalopun
> ada, harganya mahal banget... permintaan sedikit, maka yang nawarin
> juga jarang... mending impor dari Indo.. makanya bisnis TKI/TKW lancar
> tuh hehehe... bayangin digaji 100-300$ aja sebulan aja bisa disuruh
> mulai dari nyapu, masak, sampe pijit...  :D kalo duit segitu buat
> bayar freelancer tukang cuci piring di negara asing sono palingan
> cuman buat beberapa puluh jam doank hehehe... :)

Seharusnya komponen seperti itu kan cuma dijual ke produsen branded saja
bukan.
Produk konsumer, mestinya memake kemasan yg lebih baik, manual driver
dll, selain kartu garansi. Jadi mestinya lebih mahal kan dibanding
pabrikan yg bisa dapet harga khusus.

> ===== Ya masalahnya ada ga yang jual mesin dan bodi-nya diketeng/
> diecer? Kecuali barang embatan loh... ;)

Kalo Anda pesan komponen HD bisa lho semua partnya hi hi hi..
> Thanks.
>
> Sincerely,
> Jimmy Auw.

Asli kacau balau distribusi produk industri it di indonesia.
Apa cuma karena technical support dan distribusi, biaya jadi lebih mahal?
Atau memang biaya riset, pengembangan dll yang masih kalah efisien
dibanding mangga dua?

www.laptopseken.com - Buat apa beli PC kalau bisa beli laptop!
Dapatkan harga spesial dari kami!