Pada Wednesday, October 4, 2006, 8:29:54 AM, Jantje menulis:
> Saat ini di tempat saya ada rencana utk melakukan DRP (Disaster Recovery
> Plan), hal apa saja yg perlu diperhatikan & dipersiapkan?

1. Tentukan bagaimana DRP yang diinginkan?
2. Berapa lama waktu yang ditolerir sebelum DRP mengambil alih sistem utama?
3. Seberapa sering transaksi terjadi? Sekian transaksi perdetik atau
satu transaksi seminggu? Ini menentukan proses update DRP, apakah real
time, harian, bulanan atau tahunan?
4. Lokasi DRP yang paling baik adalah 30km dari lokasi utama.
5. SOP untuk DRP juga disiapkan. Yang KISS itu loh
6. Apakah juga perlu BCP (Business Contingency Plan)? Biasanya BCP
dilakukan apabila DRP mengalami kegagalan.

Apalagi ya? Jadi ingat masa2 begadang menyusun BCP dahulu kala...
sigh, masa-masa bujang yang indah :)
--
Dony Isnandi
(http://dini.isnandi.net/2006/10/05/beginikah-cs-perusahaan-syariah-indonesia/)