Ngga banyak sih yang dikerjakan. Yang diblok salah satu saja, domain atau
IP.

Urusan blok IP saya serahkan pada RBL, seperti spamhaus.org, spamcop, dan
sejenisnya. Ini sudah bisa blok spam 60-70%.

Sisanya yang blok domain dan keyword, saya kerjakan sendiri. Blok domain sih
gampang, tinggal cari domain-domain umum yang suka dipakai untuk spam. Yang
keyword lebih sulit, mesti cari kata kunci yang unik.

Contoh domain yang saya blok:

Salam
Albert