Yanu Triana Putra wrote:

> Pake Speedy buat saya ibarat hidup di negara bagian CAlifornia dan Jepang
> yang selalu di serang Gempa dan badai RTO
> Koneks INT emang lagi bermasalah katanya Backbone INT di Batam gi
> bermasalah, tapi kok masalah ini memang selalu terjadi menjelang lebaran dan
> ini sudah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut.
>
> INI CONTOHNYA !!

Tingkat pendidikan dan ketrampilan rakyat Indonesia tidak merata, dan
kesempatan kerja denggan skill yg tinggi hanya ada di beberapa area di
Indonesia. Akibatnya kebanyakan skilled worker adalah migrant worker.
Mindsetnya adalah Lebaran == mudik. Quality of Service akan selalu jadi
turun. Ini gak hanya terjadi di Indonesia saja. Di Philippines, setiap
Natal juga begitu.

Turunnya QoS ini juga menunjukkan banyak infrastructure IT di Indonesia
yg tidak dimanage secara high-available dan reliable. Masih membutuhkan
intervensi manusia yg melakukan supervisory dari system dan tuning sana
sini. Mestinya kalau systemnya reliable dan HA, manusia bisa lepas
tangan bukan?