ipul_bogor wrote:

> ass. numpang naya nih, dikantor saya ada sekitar 50 pc yang koneksi ke
> lan dan ada dua server (1 server database, 1 server aplikasi), bulan
> lalu jaringan dikantor saya kena petir, saya sudah perbaiki dengan
> mengganti perangkat yang rusak bahkan menginstal ulang beberapa
> windows yang error namun ada beberapa pc yang tidak biasa conect lan
> bahkan tidak bisa masuk ke workgroupnya sendiri tapi bila di ping
> sendiri maupun dari pc lain bisa, saya coba pake satu server database
> saja (server data base error jadi saya format ulang) tapi tetap tidak
> [...]

1. ICMP ping sebetulnya kurang layak untuk mengukur kualitas transmisi
dalam medium yg pernah mengalami cacat seperti di LAN anda. Coba gunakan
  netperf atau TTCP yang mengirimkan data besar untuk simulasi beban LAN
dan ukur error yg terjadi (CRC error, re-send, broken packet etc). Ada
kemungkinan NIC, switch atau kabel LAN yg problemnya baru muncul ketika
transmisi data yang lewat jumlahnya besar, tidak sekecil ICMP ping

2. Kalau anda bisa beli, atau mungkin lebih tepat menyewa, Cable
Analyzer yg menggunakan DSP, seperti dari Fluke, uji kualitas cabling
anda, apakah masih layak pakai setelah terhantam petir. Atau mungkin
lebih feasibel ganti semua kabel LAN? Tapi 50 nodes ribet juga yah

3. Coba pecahkan masalah dengan cara divide and conqueror ala Kumpeni
Belanda :D. Anda rakit 1 komputer baru dengan NIC baru dan beli 1 switch
8 port baru. Kemudian pada satu saat, bawa 7 komputer client mendekat
dan dan koneksikan dengan kabel LAN baru yg sekitar 3 meteran ke switch
tersebut. Kemudian lakukan uji netperf/ttcp antar mereka. Dengan cara
ini anda sekaligus melakukan re-certifikasi semua nodes anda. Ingat baik
baik, anda sekarang terjebak dalam masalah kompleks yang tidak satupun
device yang anda miliki bisa dipercaya. Adalah penting untuk membuat
satu system yang trusted untuk memulai troubleshooting secara terstruktur.