Kalau menggunakan Dial Up dan OS Windows XP, saya sudah bisa menggunakannya,
baik untuk terima maupun kirim.
Caranya, masuk ke Start, Printers and Faxes dan akan muncul menunya.
Di sebelah  kiri ada menu semacam Create a fax (tepatnya sudah lupa, karena
sekarang, setelah di instal, sehingga menunya tidak muncul dan tergantikan
oleh menu Send a fax).
Klik menu tersebut dan ikuti prosesnya dan mungkin akan meminta disk
instalasi Windows.
Setelah selesai, maka akan ada Icon Fax selain icon-icon printer.
Defaultnya, aplikasi ini, hanya untuk mengirim fax.  Untuk mengubah agar
bisa menerima fax, klik kanan icon Fax dan klik Propertiesnya dan akan
muncul menunya dan pilih tab Devices.  Di bagian bawah, tampil TSID : Fax
dan di bawahnya samar-samar terlihat CSID: nya dan kosong.  Untuk membuat
agar komputer bisa menerima fax, klik Properties...  yang berada di kanannya
dan muncul menu dengan nama modem kita dan ada tab Send, Receive dan
Cleanup.  Pilih menu Receive dan saat muncul menunya, tinggal centang kotak
di kiri Enable device to receive, selesai.
Dengan demikian, komputer sudah siap menerima atau mengirim fax, namun
jangan lupa modem harus selalu terkoneksi ke komputer (bukan on line).

Kalau ada fax masuk, maka fax akan masuk ke komputer kita.  Kalau saat di
menu Receive kotak Print it on : nya di centang, maka fax akan langsung
tercetak.  Kalau tidak, maka akan masuk ke menu semacam Outlook Express yang
berisikan menu Inbox, Outbox, Sent Item dan lainnya.

Untuk mengirim fax, maka dari program misalnya, Word, Excel, Paint atau apa
saja, pilih Print dan saat menu Printer muncul pilih fax dan ikuti
perintahnya, yang antara lain akan meminta kita memasukkan nomer telepon
yang dituju.

Untuk jaringan, sepertinya sama dan hanya diperlukan mengisi data si tab
Sharing pada menu Fax Properties.

Selama ini, untuk menerima fax, selalu berhasil dengan baik.  Namun untuk
mengirim kadang-kadang tidak terkirim dan kalau dicoba menggunakan mesin fax
biasa, bisa.  Ini yang belum saya ketahui, apa kendalanya.

Salam.