At 10:18 10/11/2006, x808x wrote:
>coba ane simpulin yak, istilah server dengan desktop saat
>ini sudah rancu, komputer pc biasa bisa difungsikan sebagai server
>sedangkan komputer dengan spek server pun kadang dipakai
>tidak sebagai server.

Yang rancu itu istilah atau orang yg memakainya ?  :)

Secara awam namanya komputer yah sama ajah *bentuknya*
entah itu server atau desktop pasti ada ada CPU + Monitor + Keyboard
tapi dari sisi fungsi kan lain

seperti pisau, ada pisau buat motong daging yg tebal dan besar, ada pisau
yg buat motong sayur
pisau buat motong sayur bisa-bisa saja buat motong daging tapi kan
*performancenya* mungkin lain :)

Sama halnya dengan server.
Jika hanya memproses database dengan 1 table flat 5-10 field dengan jumlah
transaksi perhari 100 - 500 record
sah2 saja menggunakan kelas desktop

Tapi jika punya database dengan jumlah record transaksi per JAM 1000 - 2000
record
pakai desktop yah bisa teler tuh ;)
Kenapa hal ini bisa bikin desktop teler, karena banyak hal
gak di lihat dari processor, tapi ada unsur BUS di motherboard, RAM,
storage controler /IO
connection  ..etc

Istilah kadang memang sering menjadi rancu. misalnya PC yg di jadikan
router (PC Router) kadang suka di sebut SERVER juga :)