Steph wrote:
> Dear ekan-rekan IT Center,
>
> Saya mau rakit komputer server untuk server Data dan E_mail dengan OS Linux.
> Mohon masukan untuk Harware & Softwarenya.
>
> - Mulai dari Motherboard, Proccesor, RAM , Hardisk baik untuk Merk dan
> Kapasitasnya.
> Jangan sampai saya sudah beli yang bagus-bagus tapi nggak suport. Maunya yang
> bagus sekalian.
>
> - Software Linux yang bagus untuk Server Data dan Mail ?
> - Bagusnya apakah di pisah atau jadi satu ya ?
>

> Terimakasih atas masukannya.
Hardware:
Mainboard Tyan (http://www.tyan.com/) . Prosesor Xeon dual core udah
cukup murah kok + chipset Intel. Memori ddr2 ecc, hdd SCSI, SATA atau
SAS. Ukuran sesuaikan saja dengan anggaran dan kebutuhan.
Atau kalau tidak mau ribet, pake server "rakitan" lokal saja, misalnya
Extron, lihat di http://bhinneka.com/.

"support" atau tidaknya hardware yang dibeli tergantung seberapa tingkat
pemakaiannya. Berapa user mail server dan file server-nya? Apa saja yang
bakal ditangani datanya?

Software:
Maksudnya Mail Server dan File Server kan?
Tolong lebih jelas lagi.

Semoga membantu.