Rekan2 ITCenter,

Saya ada 2 problem yang butuh solusi pada jaringan saya, kira-kira ada
rekan bisa kasih advice solusinya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

1. Jaringan saya sudah pasang e-mail server (Workgroupmail), namun saya
butuh webmail untuk e-mail server tersebut. Ada rekan yang bisa memberikan
saran gimana caranya membuat webmail untuk e-mail server saya? Apa ada
program khusus yang bisa membuat webmail?

2. Untuk database, jaringan saya sudah menggunakan SQL Server, namun karena
jaringan saya ada yang terpisah tempat (menggunakan Wireless, lokasi A dan
B terpisah jarak 2KM). Kendala yang muncul adalah lambat dalam mengakses
SQL Server (server di lokasi A dan harus di lokasi A) dari workstation di
lokasi B. Apa bisa menggunakan semacam SQL Server slave di lokasi B, supaya
bisa cepat koneksinya? Atau ada solusi lain?

Terima kasih
Roland