--- In ITCENTER@yahoogroups.com, bAKT <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ini harddisk baru atau bukan? mungin sata?

http://asia.messenger.yahoo.com

ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam hal ini :
1. coba periksa apakah kabel data yang dipergunakan masih layak,
kalau perlu diganti saja.
2. coba pisahkan kabel power untuk harddisk dengan perangkat lainnya,
terutama sekali kipas.
3. periksa kembali letak jumper, pastikan master dan slavenya tidak
tertukar. karena setiap produk kadang berbeda letak jumpernya.
4. bersihkan harddisk dengan kuas atau kapas kering, hilangkan debu-
debu yang menempel.
5. kalau lampu led merah menyala terus kemungkinan ada beberapa
masalah di harddisk. ex. bad sector
6. cobalah detect harddisk anda di bios dengan cara manual.
7. cobalah rubah di bios auto smart harddisk menjadi enable
8. cobalah instal OS melalui bios,dengan running cd.

semoga hal-hal diatas bisa membantu

salam

muhamad anugrah