On 12/11/06, ferdy Yo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  ada yg tau ngak klu seandainya saya remote suatu komputer yg system
> operasinya linux terus port untuk telnetnya di buka
>  terus saya donlot file melalui telnet pakai komputer linux tersebut, yg saya
> mau tanyakan apa kalau telnetnya saya close langsung (dgn mengklik tanda
> silang) apa file yg di donlot oleh komputer linux tersebut berhenti juga
> ya....????

apakah yang anda maksud itu anda sedang melakukan download (ftp, wget,
lynx etc) di sesi telnet yang sedang anda lakukan tapi lalu anda quit
window telnet tersebut di tengah jalan?

kalau proses download-nya tidak interaktif dan tidak melakukan output
ke standard output, mestinya bisa jalan terus. tapi kalau anda
melakukan download dengan misalnya ftp, wget atau lynx di mode
interaktif dan ada output ke layar, maka saat anda tutup window telnet
anda program yang sedang jalan tersebut akan kehilangan standard
output yang sedang dipergunakan dan kemungkinan besar akan crash /
quit.

kalau anda berniat melakukan download secara background, sebisa
mungkin gunakan fasilitas yang memungkinkan anda melakukan download di
background process, jadi nggak butuh interaksi. misalnya, anda bisa
pakai wget dengan opsi -b, artinya jalan di bacground. kalau khusus
ftp gunakan ncftp (ftp sepertinya tetap tidak bisa digunakan di
background karena saat proses transfer selesai dia akan melaporkannya
ke standard output) dengan perintah bgput atau bgget, walaupun buat
saya sendiri lebih mudah menggunakan wget untuk transfer ftp.

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com