Bikin CV yang paling mudah:

1. Baca dan pahami isi lowongan, mulai dari huruf pertama, sampai dengan
huruf terakhir. Jangan cuma baca "titel" dan "gaji".

2. Sesuaikan isi CV dengan lowongan kerja, bukan CV generik. 100 lowongan =
100 CV.

3. Ubah susunan kemampuan anda sesuai dengan isi lowongan. Misalnya, anda
bisa Unix, Windows 2003 dan Linux. Lowongan mensyaratkan Linux. Maka,
tempatkan Linux sebagai kemampuan pertama, dan OS lain di urutan
selanjutnya. Itu sebabnya 100 lowongan = 100 CV.

4. Masukkan "achievement". Jadi bukan hanya tulis "bisa Windows, Linux, VB,
SQL, PHP, ASP, CISCO, LAN, Security". Tapi tulis juga, apa yang sudah anda
lakukan dengan kemampuan anda, dan apa manfaatnya untuk perusahaan lama.

Salam
Albert