Setahu saya, agar suatu Smartphone atau PDAphone bisa digunakan sebagai
modem di komputer :

Pertama-tama. Smartphone dan PDAphone nya harus sudah bisa digunakan untuk
berhubungan ke internet.

Ke dua, kalau sudah bisa berhubungan dengan internet, maka Smartphone atau
PDAphone tersebut harus dihubungkan ke komputer, apakah melalui Cable,
InfraRed atau Bluetooth dan bisa berhubungan dengan benar.

Ke tiga, kalau sudah bisa terkoneksi, misalnya kita bisa melihat data yang
ada di Smartphone atau PDAphone di komputer, melalui Windows Explorer, maka
komputer harus bisa mendeteksinya, juga sebagai modem, antara lain dengan
menginstalasikan driver modem Smartphone atau PDAphone tersebut.

Ke empat, kalau sudah bisa terdeteksi, misalnya melalui Start, Control
Panel, Phone and Modem Options, Modems, telah tampil modemnya, maka harus
diperiksa, apakah modemnya sudah bisa berfungsi atau tidak dengan
memeriksanya melalui Query Modem nya, yaitu melalui Start, Control Panel,
Phone and Modem Options, Modems, klik modemnya dan klik Properties,
Diagnosticsnya dan Query modem. Kalau sudah terdeteksi dengan adanya
tampilan semacam AT....., maka modem telah berfungsi dengan baik.

Ke lima, memasukkan parameter untuk Extra initialiation commands: nya,
antara lain untuk Matrix, misalnya AT+CGDCONT=1,"IP","satelindogprs.com"
(untuk XL, saya tidak tahu).

Ke enam, membuat Dial Up untuk koneksi ini, dengan masuk ke Start, Control
Panel, Network Connections, Create a new Connection, Next, pilih Connect to
the Internet, Next, pilih Set up my connection manually, Next, pilih Connect
using a dial-up modem, Next, centang HANYA modem Smartphone atau PDAphone
nya saja, Next, isikan nama untuk Dial Up ini, bebas, misalnya iPAQ H6300,
Next, masukkan Phone number: nya, untuk Matrix adalah *99***1# (untuk XL,
saya tidak tahu), Next, masukkan User name: dan Password: serta Confirm
password: nya, untuk Matrix di kosongkan (untuk XL, saya tidak tahu), Next,
Finish.

Sekarang sudah selesai dan tinggal mencobanya untuk menghubungkannya ke
internet melalui hubungan ini dengan mengklik Dial Up iPAQ H6300.

Salam.