Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau sering
dipanggil Roy Suryo saja (lahir di Yogyakarta, 18 Juli 1968) adalah
seorang pengamat teknologi informasi dan multimedia Indonesia. Dan
pernah tercatat sebagai pengajar tamu di Program D-3 Komunikasi UGM,
mengajar fotografi untuk beberapa semester dan tidak berstatus sebagai
dosen UGM tetap.

Menyelesaikan Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM (1991-2001),
kemudian mengajar di Jurusan Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia
tahun 1994-2004. Meski juga masuk ke dalam lingkungan politik yaitu di
Partai Demokrat selaku Ketua Departemen Kominfo, tidak merubah
integritasnya sebagai seorang "pakar" yang independen.

Cukup banyak prestasi yang diperolehnya melalui Ajang Lomba Fotografi
tingkat Nasional serta Penghargaan dari berbagai pihak, diantaranya
dari Kadin bidang Telematika, Menteri Perhubungan Agum Gumelar,
Majalah Trend Digital, Telkomsel, bahkan Garuda Indonesia. Selain di
bidang Telematika, Roy juga dikenal aktif di kepengurusan PPMKI
(Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia), FPSI (Pederasi
Perkumpulan Seni Foto Indonesia), bahkan selaku salahsatu Supervisor
di Web Resmi Kepresidenan www.presidensby.info

Hal yang menarik dari Roy Suryo adalah bahwa media massa menggelarinya
sebagai "pakar" di bidang teknologi informasi tanpa beliau pernah
mendapat pendidikan formal maupun informal di bidang teknologi
informasi.

Kritikan

Kritik yang ditujukan kepada Roy Suryo antara lain bahwa gelar
"kepakaran" Roy Suryo yang dianggap diperoleh lebih karena kesiapannya
untuk memberikan pernyataan ketika diminta oleh media, tanpa peduli
apakah pertanyaannya benar atau salah. Beberapa pihak yang mendukung
kritik tersebut contohnya situs http://roysuryowatch.org malah sampai
membuat daftar "pernyataan tidak akurat Roy Suryo secara kronologis di
media massa sejak tahun 2004" [1].

Kritik lainnya ditujukan kepada media massa Indonesia yang dianggap
malas mencari pakar yang sebenarnya dan hanya mencari cara gampangnya
saja. Walaupun demikian banyak media cetak maupun elektronik tetap
sepakat menempatkannya sebagai pakar teknologi komunikasi dan
informasi sampai sekarang ini, apalagi acara e-Lifestyle yang
diasuhnya di Metro TV telah memasuki usia tayangan selama 5 (lima)
tahun, dimana merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi sebuah acara
teknologi di televisi Indonesia.

Lihat pula
Tokoh Indonesia

Pranala luar
(id) Profil di pdat.co.id
(id) Roy Suryo Watch

   Wikiquote (b. Indonesia) mempunyai koleksi kutipan yang berkaitan
dengan Roy Suryo

Kategori: Artikel yang dilindungi dari suntingan anon | Kelahiran 1968

2007/1/10, Don Rudy <[EMAIL PROTECTED]>:

> [...]
> bahkan sekarang sedang study S3 juga di Komunikasi UGM(cmiiw).
> Mungkin karena beliau ini sering banget bicara tentang Teknologi Informasi
> jadi masyarakat beranggapan bahwa Roy Suryo ini pakar IT. Padahal kalau
> dilihat dari riwayat pendidikannya sich beliau ini dari Ilmu Komunikasi.
> Tapi menurut saya setiap orang berhak berjuang memajukan dunia IT di
> Indonesia, apapun basicnya.
> Dan juga Roy Suryo ini ga pernah mengklaim dirinya pakar IT(seperti yang
> sudah saya tulis di atas), masyarakat yang menganggapnya demikian.

Best Regards,

Muhammad Imam
Y!M : imam26_it