--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Dimas Saputra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   sayang di Indonesia 'one pc many user' tidak di tanggapi ..yang
populer thin client memakai Citrix pada

>   ThinClient masih membutuhkan PC ( 350 Watt ) berarti kosumsi
Listrik bertambah
>   ZeroClient hanya membutuhkan Listrik 7 Watt .

Kalau anda pakai model semacam Applica DS ini, lokasi para client
kudulah sangat berdekatan, kalo bisa dalam satu garis meja dan kondisi
lingkungan rendah EMI. Lalu maksimum client adalah 4 (Dengan dua DS card)

Sekarang coba bayangkan kalau kondisi client berserakan dimana mana,
di lantai yang berbeda. Atau ketika dibutuhkan scability yang besar
untuk kemudahan administrasi dimana maunya jumlah server 1 client
lebih dari 4, mungkin 50. Atau ketika digunakan di pabrik potong besi
yang EMI-nya tinggi. Apakah tepat pakai Applica DS?

Tentu saja pada kondisi kedua, saya akan pilih thin client model Citrix.

Moral of the story : bukan masalah ditanggapi atau tidak, tapi
positioning point yg tepat kudulah dicari. Misallkan ada seorang
reseller Applica DS, anda haruslah tahu sizing dan positioning yg
tepat, jangan mencoba bertarung di area seperti kondisi kedua yang
saya sebut di atas